Pengertian
Voice Mail
Adalah media transmisi (pergerakan informasi melalui sebuah media
telekomunikasi)
data yang menggunakan kabel telephone sebagai alat transmisinya. Alat ini
mengirimkan informasi berbentuk suara. Contoh, mailbox dalam telephone rumah.
Apabila saat ditelphone tidak menjawab hingga beberapa saat. Maka mesin
telephone akan memberikan pilihan kepada si penelephone agar meninggalkan
pesan, atau menelephone lagi lain kali. Namun untuk telephone rumah di
Indonesia, agar dapat memiliki fasilitas ini, kita harus mendaftar kepada
PT.Telkom atau operator Indonesia lainnya terlebih dahulu.
Voice-mail (juga dikenal sebagai pesan suara atau bank suara) adalah sistem
berbasis komputer yang memungkinkan pengguna dan pelanggan untuk bertukar pesan
suara pribadi, untuk memilih dan memberikan informasi suara, dan untuk
memproses transaksi yang berhubungan dengan individu, organisasi, produk dan
jasa, menggunakan telepon biasa. Istilah ini juga digunakan secara lebih
luas untuk menunjukkan setiap sistem menyampaikan pesan suara telekomunikasi
disimpan, termasuk menggunakan mesin penjawab . Kebanyakan ponsel menawarkan
layanan voice-mail sebagai fitur dasar, dan banyak garis tanah telepon dan perusahaan PBXs termasuk
voice-mail.
Sejarah Voice Mail
Pertama kali voicemail diperkenalkan
pada public menggambarkan rekaman suara dilaporkan di surat kabar New York dan
Scientific American pada bulan November, 1877. Thomas A. Edison mengumumkan penemuan
"gramofon" nya mengatakan "benda itu yang berfungsi untuk
merekam pesan telephone dan mengirimkan mereka kembali oleh telepon.
" Edison mengajukan permohonan paten ( memberikan persetujuannya kepada pihak lain
untuk melaksanakannya)
di AS pada Desember 1877 dan tidak lama kemudian menunjukkan mesin untuk
penerbit, kongres AS dan Presiden Hayes, merekam dan memainkan "Mary punya
domba kecil ..." dan "ada seorang gadis kecil yang memiliki sedikit
ikal "dan lainnya Ditties populer pada saat itu. Dalam sebuah artikel
yang menguraikan ide-idenya sendiri tentang kegunaan masa depan daftar mesinnya
Edison dimulai dengan "menulis Surat, dan segala macam dikte tanpa bantuan
stenografer."Dengan kata lain, "pesan suara" atau
"suara-mail". Pada 1914, bisnis fonograf Edison termasuk mesin
mendikte (yang Ediphone) dan "Telescribe", mesin menggabungkan
fonograf (alat untuk menghasilkan bunyi lewat
getaran sebuah jarum mengikuti galur spiral pd permukaan piringan (hitam) atau
silinder yg berputar; gramofon)
dan telepon, yang mencatat kedua sisi percakapan telepon.
Selama hampir seratus tahun, ada
beberapa inovasi atau kemajuan dalam layanan telepon. Voice-mail adalah
hasil dari inovasi dalam produk dan layanan telepon dimungkinkan oleh
perkembangan teknologi komputer selama 1970-an. Inovasi ini dimulai
dengan Pageboy Motorola , sederhana "pager"
atau "pager" diperkenalkan pada tahun 1974 yang umumnya ditawarkan
bersamaan dengan layanan penjawab yang menangani sibuk / tidak dijawab overload
dan setelah jam panggilan untuk perusahaan dan profesional. Operator
menuliskan pesan pemanggil, mengirim peringatan halaman atau "bip"
dan ketika segolongan orang dipanggil kembali, operator didikte pesan.
Dengan diperkenalkannya pager
"suara", seperti Pageboy Motorola II operator dapat mengirimkan
pesan suara langsung ke pager dan pengguna bisa mendengar pesan
tersebut. Namun, pesan kedatangan sering tidak tepat waktu dan privasi
masalah serta tingginya biaya akhirnya menyebabkan kematian pada layanan
ini. Pada pertengahan 1970-an penyimpanan digital dan konversi analog ke
digital telah muncul devisa dan perusahaan Paging mulai menangani klien pesan
elektronik. Operator mencatat pesan singkat (5-6 detik, misalnya
"hubungi Mr Smith segera") dan pesan yang dikirim secara otomatis
ketika klien disebut layanan penjawab. Itu hanya akan mengambil langkah
pendek untuk aplikasi voice-mail pertama yang lahir.
Komputer produsen, produsen
peralatan telepon dan perusahaan perangkat lunak mulai mengembangkan solusi
yang lebih canggih seperti prosesor komputer yang lebih kuat dan lebih murah
dan perangkat penyimpanan menjadi tersedia. Ini mengatur penciptaan pada spektrum
yang luas dari Kantor Pusat komputer berbasis tetap. Pelanggan Premise yang
akhirnya akan mendukung solusi suara yang disempurnakan seperti suara-mail, audiotext, respon suara
interaktif (IVR)
dan speech recognition solusi yang mulai muncul di
1980-an. Namun, pengambilan yang luas dari produk dan layanan akan
tergantung pada perkembangan dunia telepon nada sentuh dan layanan ponsel yang
tidak akan terjadi sampai akhir 1980-an.
Cara
membuat Voice Mail melalui HandPhone :
Download terlebih dahulu aplikasi 'Fun Voice Mail' di alamat http://www.funvoicemail.net/
LANGKAH 2
Instal ke ponsel via saluran koneksi yang sudah di sesuaikan, selanjutnya ikuti panduannya. Pastikan Anda memasukkan aplikasi ini di memori ponsel (Phone Memory) tetapi bukan di kartu memori. Kemudian, Fun Voice Mail sudah langsung terdapat pada sistem operasi ponsel.
LANGKAH 3
Setelah terinstal, aplikasi Fun Voice Mail akan secara otomatis terbuka. Tampilan awal, Anda akan diminta mengisikan 'nomor registrasi'. Namun, untuk yang sekedar ingin tahu bisa mencoba versi 'trial'-nya saja.
LANGKAH 4
Sebelum mengaktifkan 'pesan suara' Anda, ada baiknya pengguna melakukan pengaturan terlebih dahulu, dengan memilih menu 'Manage Profile'. Disini, Anda bisa mengatur profile aplikasi secara umum (General), Individual atau Group. Artinya, aplikasi Fun Voice Mail biasa beroperasi untuk setiap panggilan masuk, nomor-nomor tertentu atau kelompok yang Anda buat.
LANGKAH 5
Atur profile yang Anda pilih. Pertama 'Respon Type', Anda akan mendapatkan empat kategori. Play greeting, Send SMS, Do nothing dan Reject call. Salah satunya bisa Anda mengatur untuk tiap profile.
LANGKAH 6
Untuk membuat nada panggil yang lebih atraktif, pilih 'Play greeting'. Tentukan lokasi penyimpanan file greeting, bisa dari ponsel, kartu memori atau hasil kreasi Anda sendiri lewat layanan 'voice recording'. ditayangkan hanya berformat amr.
LANGKAH 7
Anda yang ingin berkreasi dengan nada pribadi, bisa membuatnya di menu 'Manage Greeting'. Dengan memanfaatkan fasilitas voice recording ponsel untuk mendapatkan suara-suara unik. Jika Anda telah memiliki file audio favorite, bisa langsung menyuntikannya ke folder yang disediakan aplikasi ini.
LANGKAH 8
Pilih 'Select User' untuk memasukan nomor kontak dan bisa langsung mencarinya dari phonebook atau memasukannya secara manual lalu klik OK.
LANGKAH 9
Tentukan interval untuk mulai mengaktifkan nada sambung kreasi Anda, yang akan terdengar saat ada panggilan masuk pilih OK lalu klik Done.
LANGKAH 10
Jika tak ingin mendengar panggilan masuk, Anda bisa langsung mengatur profile ke pilihan 'Reject Call' atau dengan mengirimkan pesan singkat (SMS) secara otomatis.
LANGKAH 11
Setelah memilih model 'Send SMS message', pesan yang ingin Anda kirimkan ke si penelphone. Prosesnya serupa pengaturan untuk nada panggil. Nantinya, orang yang menelepon akan mendapatkan SMS Anda dengan isi yang sama.
Aplikasi ini beroperasi dalam mode 'hide'. Jadi, jika masih ada kemungkinan Anda untuk mengubah ulang profile yang telah dibuat, sebaiknya jangan 'closed' aplikasi ini. Pasalnya, jika Anda keluar tanpa mengaktifkan mode 'hide', maka Anda tak bisa lagi meng-custom-nya.
Pengoperasian Voice Mail
Pengoperasiannya
dimulai ketika cellular mendeteksi sambungan masuk berupa suara dari cellular
lain. Kemudian sinyal suara ini akan disampaikan ke CPU bahwa ada panggilan
masuk. CPU pada waktu yang bersamaan menerima sinyal dari Voice Mail data link
yang memberitahukan tentang ID penelpon bahwa penelpon dengan ID tertentu telah
melakukan panggilan namun tidak terjawab. CPU langsung mengalihkan kepada
saluran telepon untuk menjawab panggilan. Setelah itu penelpon tesambung dengan
Voice Mail dan dapat melakukan perekaman pesan suara yang ditransmisikan oleh
disk controller ke dalam disk pesan. Setelah penelpon meninggalkan pesan, CPU
menyimpan pesan suara sesuai lokasi penyimpanan pesan ke dalam sistem disk
sesuai mailbox direktori penerima. Bagi penerima pesan,ia dapat mengetahui jika
ia memiliki pesan suara dari tanda di cellular berupa pemberitahuan,lalu cara
penerima dapat mendengar pesan ialah dengan melakukan petunjuk tertentu untuk
mendengar pesan yang diterima.
Elemen-Elemen
dalam Voice Mail
Beberapa elemen -
elemen yang terdapat dalam Voice Mail yaitu :
Central Processor Unit (CPU) : merupakan bagian yang melakukan proses sistem operasi dengan program software yang mendukung bagian dari Voice Mail termasuk bagian untuk merekam yang digunakan pengguna sehingga dapat berinteraksi dengan Voice Mail itu sendiri.
Disk pengontrol dan disk drive berukuran kecil digunakan sebagai media untuk menyimpan pesan.
Disk sistem yang tidak hanya termasuk dalam bagian perangkat lunak tetapi sudah termasuk direktri yang lengkap untuk semua pengguna yang berhubungan dengan semua data.
Sistem saluran telepon untuk mengkoneksikan dengan teknologi Voice Mail
Jenis-Jenis Voice Mail
Central Processor Unit (CPU) : merupakan bagian yang melakukan proses sistem operasi dengan program software yang mendukung bagian dari Voice Mail termasuk bagian untuk merekam yang digunakan pengguna sehingga dapat berinteraksi dengan Voice Mail itu sendiri.
Disk pengontrol dan disk drive berukuran kecil digunakan sebagai media untuk menyimpan pesan.
Disk sistem yang tidak hanya termasuk dalam bagian perangkat lunak tetapi sudah termasuk direktri yang lengkap untuk semua pengguna yang berhubungan dengan semua data.
Sistem saluran telepon untuk mengkoneksikan dengan teknologi Voice Mail
Jenis-Jenis Voice Mail
·
Voice Mail Unconditional
(VMU) : merupakan cellular feature voice mail yang memungkinkan setiap
panggilan yang akan dialihkan pada sistem voice mail.
·
Voice Mail Conditional
(VMC) : merupakan cellular feature voice mail yang memungkinkan panggilan
dialihkan pada sistem voice mail jika
cellular yang akan dihubungi dalam keadaan sibuk, tidak aktif ,berada di luar jangkauan
wilayah operator cellular ataupun karena panggilan yang tidak terjawab.
Keuntungan Voice Mail
Dengan
menggunakan cellular feature Voice Mail, mempunyai beberapa keuntungan seperti diantaranya
adalah :
·
Dengan kita menggunakan
cellular feature Voice Mail maka Voice Mail Box pada cellular kita bisa
menampung pesan-pesan yang belum didengar ataupun sudah didengar dan disertai
dengan durasi yang maksimum. Biasanya
pesan yang sudah pernah kita dengarkan hanya bisa disimpan dalam jangka waktu
yang lebih sedikit dibandingkan bila pesan tersebut belum pernah diperdengarkan. Semua
pesan – pesan itu akan tertampung dalam Voice Mail Box dan jangka waktu penyimpanan tergantung dari operator cellular
yang kita pakai.
·
Keuntungan yang lainnya
yaitu apabila kita sedang menerima panggilan telepon kemudian ada telepon lain
masuk sedangkan kita tidak dapat mengangkat dalam waktu bersamaan maka kita
dapat menggunakan pengalihan panggilan sehingga pengguna selular lain yang menghubungi
kita dapat meninggalkan pesan dan masuk ke dalam Voice Mail Box,
Voice mailbox dapat
diartikan sebagai salah satu fasilitas untuk mengalihkan panggilan ke kotak
suara dalam kondisi tertentu, misal ketika handphone yng kita miliki dala
keadaan mati/nosignal, ketika itu sedang melakukan panggilan, maupun tanpa
kondisi artinya semua panggilan langsung dialihkan ke mailbox. Sistem akan
menyimpan rekaman tersebut kemudian memberikan notifikasi kepada user bahwa
yang bersangkutan menerima pesan suara serta instruksi untuk memutarnya.
Sangat disayangkan saat ini jarang sekali yang memanfaatkan fitur ini. Kebanyakan orang langsung mematikan telepon ketika masuk ke mailbox. Dan begitu pun orang yang menerima mailbox jarang sekali yang memutarnya. Kebanyakan orang merasa rugi karena memotong pulsa dan tidak ada tahu manfaatnya.
Sangat disayangkan saat ini jarang sekali yang memanfaatkan fitur ini. Kebanyakan orang langsung mematikan telepon ketika masuk ke mailbox. Dan begitu pun orang yang menerima mailbox jarang sekali yang memutarnya. Kebanyakan orang merasa rugi karena memotong pulsa dan tidak ada tahu manfaatnya.
Berikut ini adalah daftar kode/perintah untuk mengaktifkan
ataupun menonaktifkan mailbox untuk operator seluler di Indonesia:
XL (bebas, jempol, xplor)
mengaktifkan: *818#
menonaktifkan: #818#
chek: *#818#
TELKOMSEL (simpati, halo)
mengaktifkan: *222#
menonaktifkan: #222#
chek: *#222#
sampai artikel ini ditulis kartu as belum ada layanan voice mailbox. cmiiw
INDOSAT GSM (mentari, im3, matrix)
menonaktifkan: call customer service di 300 kemudian minta supaya voice mailboxnya dimatikan.
INDOSAT CDMA (starone)
mengaktifkan: *68122
menonaktifkan: *680
kurang lebih sebulan sebelum artikel ini ditulis, indosat menambahkan fitur voice mailbox tersebut pada star one.
TELKOM FLEXI
Pengalihan tanpa kondisi:
mengaktifkan: *51
menonaktifkan: *510
Pengalihan ketika sibuk/mati:
mengaktifkan: *52
menonaktifkan: *520
supaya perfek tak masuk mailbox, lakukan penonaktifan semuanya.
MOBILE-8 (fren)
idem dengan flexi
ESIA
mengaktifkan : *922
menonaktifkan : *100
(thanks for oepriet)
3 (three)
mengaktifkan: *100#
menonaktifkan: #100#
(update 27/08/2007)
AXIS
kemudian jawab 1 (voice mail)
kemudian jawab 2 (unregister)
XL (bebas, jempol, xplor)
mengaktifkan: *818#
menonaktifkan: #818#
chek: *#818#
TELKOMSEL (simpati, halo)
mengaktifkan: *222#
menonaktifkan: #222#
chek: *#222#
sampai artikel ini ditulis kartu as belum ada layanan voice mailbox. cmiiw
INDOSAT GSM (mentari, im3, matrix)
menonaktifkan: call customer service di 300 kemudian minta supaya voice mailboxnya dimatikan.
INDOSAT CDMA (starone)
mengaktifkan: *68122
menonaktifkan: *680
kurang lebih sebulan sebelum artikel ini ditulis, indosat menambahkan fitur voice mailbox tersebut pada star one.
TELKOM FLEXI
Pengalihan tanpa kondisi:
mengaktifkan: *51
menonaktifkan: *510
Pengalihan ketika sibuk/mati:
mengaktifkan: *52
menonaktifkan: *520
supaya perfek tak masuk mailbox, lakukan penonaktifan semuanya.
MOBILE-8 (fren)
idem dengan flexi
ESIA
mengaktifkan : *922
menonaktifkan : *100
(thanks for oepriet)
3 (three)
mengaktifkan: *100#
menonaktifkan: #100#
(update 27/08/2007)
AXIS
kemudian jawab 1 (voice mail)
kemudian jawab 2 (unregister)
Berikut
ini terdapat cara mengonfigurasi dan memeriksa Yahoo Messenger Voicemail pada
PC,
Artikel
ini menjelaskan cara untuk:
Mengonfigurasi
Yahoo Messenger untuk pesan suara
Memeriksa
pesan suara Anda
Resolusi 1
Untuk Yahoo
Messenger 10 dan lebih rendah:
Untuk
menggunakan layanan pesan suara Yahoo Messenger, yang pertama Anda perlu
mengonfigurasi alamat email untuk meneruskan pesan suara Anda. Untuk menentukan
alamat email:
Pilih Kontak | Riwayat
Panggilan
Klik Konfigurasi Pesan Suara and choose an email address
Pesan
suara sekarang otomatis dikirimkan ke alamat yang Anda pilih, sebagai lampiran
email, dalam format .mp3.
Untuk
mengambil pesan suara dari email, pilih lampiran .mp3 dalam pesan email dan
buka dalam pemutar audio favorit Anda (iTunes, Windows Media Player, dll.).
Perlu Diperhatikan: Yahoo tidak menyimpan cadangan dari lampiran pesan suara yang telah dihapus. Pastikan Anda menyimpan salinannya pada komputer jika tidak ingin kehilangan pesan suara tersebut.
Perlu Diperhatikan: Yahoo tidak menyimpan cadangan dari lampiran pesan suara yang telah dihapus. Pastikan Anda menyimpan salinannya pada komputer jika tidak ingin kehilangan pesan suara tersebut.
Resolusi 2
Messenger
11:
Pada
jendela Messenger, pilih Riwayat
Percakapan dari menu
"Kontak".
Satu
dari dua hal akan terjadi:
Jika
ini adalah kali pertama Anda membuka jendela Riwayat Percakapan, Anda akan
melihat catatan yang mengundang Anda untuk mengonfigurasi pesan suara. Klik
tombol Konfigurasi Pesan
Suara.
Jika
Anda sudah menentukan alamat email, sebuah baris di bagian bahwa jendela
menunjukkan ke mana pesan suara Anda dikirmkan. Jika Anda ingin mengubahnya,
klik link Ubah.
Pilih
alamat email yang menjadi tujuan pengiriman pesan suara, kemudian klik tombol OK.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar