PEMASARAN
Pengertian Pasar dan Pemasaran
Pengertian pasar tempat bertemunya penjual dan pembeli untuk
melakukan jual beli barang dan jasa.Tetapi ada kemajuan dalam bidang
pengetahuaan dan teknologi maka dapat dilakukan tidak hanya dipasar melainkan
dapat terjadi dijalan,dikantor,dirumah,dan lain Lain.
Pengertian Pemasaran (Inggris:Marketing) F proses
penyusunan komunikasi terpadu yang bertujuan untuk memberikan informasi mengenai barang atau jasa dalam kaitannya
dengan memuaskan kebutuhan dan keinginan manusia.
Jenis-Jenis
Pasar
Dilihat dari segi fisik pasar dapat
digolonkan yaitu:
1.
Pasar Nyata
Pasar nyata yaitu merupakan pasar
yang pembeli dan penjualnya bertemu secara pada suatu tempat
tertentu.
2.
Pasar Abstrak
Pasar abstrak yaitu pasar yang tidak
harus bertemu di suatu tenpat seperti pasar nyata. Tetapi dapat bertemu
ditempat yang sudah di sepakati.
Dilihat dari segi barang yang di
jual belikan
1.
Pasar Barang Konsumen
Pasar barang konsumen yaitu barang
yang dapat lang sung di gunakan memenuhi kebutuhan manusia.
2.
Pasar Faktor Produksi
Pasar faktor produksi yaitu pasar
yang memperjual belikan barang yang mempermudah untuk kelancaran produksi
contohnya pasar tenaga kerja.
Dilihat dari segi luas kegiatan
distribusi
1.
Pasar local
Pasar local yaitu pasar yang
pemasaranya terbatas hanya di daerah tersebut,maka penjual dan pembeli terbatas
pada orang orang tersebut.contohnya pasar geplak di daerah bantul.
2.
Pasar Nasional
Pasar nasional yaitu passer yang
pemasarannya meliputi sluruh dearah dalam suatu Negara.
Pasar internasional yaitu pasar yang
jangkauanya melebihi satu Negara
Dilihat dari segi waktu kejadia
1. Pasar harian yaitu pasar yang
terjadi tiap hari
2. Paar mingguan yaitu pasar yang
terjadi kurang lebih seminggu satu kali
3. Pasar bulanan yaitu pasar yang
terjadi kurang lebih sebulan satu kali
4. Pasar tahunan yaitu pasar yang
terjadi kurang lebih setahun sekali
Konsep-Konsep Pemasaran
Konsep-konsep inti pemasaran
meluputi: kebutuhan, keinginan, permintaan, produksi, utilitas, nilai dan
kepuasan; pertukaran, transaksi dan hubungan pasar, pemasaran dan pasar. Kita
dapat membedakan antara kebutuhan, keinginan dan permintaan. Kebutuhan adalah
suatu keadaan dirasakannya ketiadaan kepuasan dasar tertentu. Keinginan adalah
kehendak yang kuat akan pemuas yang spesifik terhadap kebutuhan-kebutuhan yang
lebih mendalam. Sedangkan Permintaan adalah keinginan akan produk yang spesifik
yang didukung dengan kemampuan dan kesediaan untuk membelinya
Pembauran Pemasaran
Karena pemasaran bukanlah ilmu pasti
seperti keuangan,
teori bauran pemasaran juga terus berkembang. Dalam perkembangannya, dikenal
juga istilah 7P dimana 3P yang selanjutnya adalah People (Orang), Physical
Evidence (Bukti Fisik), Process (Proses). Penulis buku Seth Godin, misalnya, juga menawarkan
teori P baru yaitu Purple Cow.[1]
Pemasaran lebih dipandang sebagai
seni daripada ilmu, maka seorang ahli pemasaran tergantung pada lebih banyak
pada ketrampilan pertimbangan dalam membuat kebijakan daripada berorientasi
pada ilmu tertentu.
Pandangan ahli ekonomi terhadap
pemasaran adalah dalam menciptakan waktu, tempat dimana produk diperlukan atau
diinginkan lalu menyerahkan produk tersebut untuk memuaskan kebutuhan dan
keinginan konsumen (konsep pemasaran).
Metode pemasaran klasik seperti 4P di atas berlaku juga untuk pemasaran internet, meskipun di internet pemasaran dilakukan dengan banyak metode lain yang sangat sulit diimplementasikan diluar dunia internet.
Metode pemasaran klasik seperti 4P di atas berlaku juga untuk pemasaran internet, meskipun di internet pemasaran dilakukan dengan banyak metode lain yang sangat sulit diimplementasikan diluar dunia internet.
Manajemen Pemasaran
Manajemen
pemasaran berasal dari dua kata yaitu manajemen dan pemasaran. Menurut Kotler
dan Armstrong pemasaran adalah analisis, perencanaan, implementasi, dan
pengendalian dari program-program yang dirancang untuk menciptakan, membangun,
dan memelihara pertukaran yang menguntungkan dengan pembeli sasaran untuk
mencapai tujuan perusahaan. Sedangakan manajemen adalah proses perencanaan
(Planning), pengorganisasian (organizing) penggerakan (Actuating) dan
pengawasan.
Jadi dapat diartikan bahwa Manajemen Pemasaran adalah
sebagai analisis, perencanaan, penerapan, dan pengendalian program yang
dirancang untuk menciptakan, membangun, dan mempertahankan pertukaran yang
menguntungkan dengan pasar sasaran dengan maksud untuk mencapai tujuan – tujuan
organisasi.
Tujuan
Sistem Pemasaran
1.
Memaksimalkan konsumsi
2. Memaksimalkan kepuasan konsumen
3. Memaksimalkan kualitas hidup
Pendekatan
Dalam Mempelajari Pemasaran
Pemasaran
tujuan system pemasaran, memaksimumkan Mutu Hidup Termasuk didalamnya kualitas,
kuantitas, ketersediaan, dan harga pokok barang ; mutu lingkungan fisik; dan
mutu lingkungan kultur pendekatan dalam mempelajari pemasaran, pendekatan Seba
Fungsi Dari apa saja kegiatan pokok pemasaran, yaitu : pembelian, pengangkutan,
penjualan, penyimpanan, pembelanjaan, penanggungan resiko, standarnisasi dan
grading, pengumpulan informasi pasar Pendekatan Serba Lembaga Dilihat dari
lembaga atau organisasi yang terlibat dalam pemasaran, misal : produsen,
suplier, perantara dagang dsb Pendekatan Serba barang (Pendekatan Organisasi
Industri) Studi tentang bagaimana barang berpindah dari produsen ke konsumen
akhir atau konsumen industri Pendekatan Serba Manajemen Dilihat dari pendapat
manajer serta keputusan yang diambil
Pemasaran pendekatan dalam mempelajari pemasaran, pendekatan
Serba Sistem Menyangkut elemen-elemen yang luas dalam sistem pemasaran termasuk
pendekatan serba fungsi, manajemen, produk, dan lembaga.
Sumber:
Tidak ada komentar:
Posting Komentar